Cara Menggunakan Kalkulator KPR BCA Mudah dan Praktis

Rumah termasuk dalam kebutuhan pokok setiap orang, namun harganya yang tinggi masih banyak orang kesulitan untuk membeli dan memiliki. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak perusahaan perbankan yang membantu masalah tersebut dengan menawarkan produk pinjaman atau kredit. Lebih dikenal dengan istilah KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah yang bisa menjadi solusi untuk cepat memiliki. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sistem tersebut, ada baiknya lakukan perhitungan. Ada pula kalkulator KPR yang bisa membantu Anda untuk memperkirakan kemampuan karena kredit perlu waktu yang tidak sebentar.

Banyak perusahaan perbankan di Indonesia yang melayani pinjaman rumah, salah satunya bank BCA yang menjadi bank swasta terbesar. Dari sekian banyak bank yang menawarkan kredit KPR, Anda harus memutuskan mana bank yang terbaik. Tentu hal itu bisa dilakukan dengan berbagai poin penting seperti mengenai besaran bunga yang ditanggungkan setiap bulannya, tenor yang diberikan, jaminan yang diminta, persyaratan serta berbagai hal lainnya. Putuskan mana bank yang paling cocok dengan kenyamanan, kemudahan serta perhitungan yang matang.

Sampai dengan saat ini bank BCA sebagai bank terbesar terus mengalami perubahan, begitu pula untuk pelayanan KPR. Dimana tidak hanya mengajukan namun Anda juga bisa menggunakan layanan kalkulator terlebih dahulu untuk memperhitungkan besaran tanggungan. Jangan salah, dengan penggunaan kalkulator diawal Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti:

  1. Bisa melihat besaran angsuran setiap bulannya, sehingga bisa memperkirakan dengan kemampuan atau pendapatan Anda setiap bulannya.
  2. Bisa memperhitungkan berapa bunga yang harus dibayarkan, apakah memberatkan atau tidak.
  3. Bisa mempertimbangkan dengan berbagai keperluan keuangan lainnya, apalagi KPR pasti akan berjalan dalam waktu lebih dari 2 tahun.
  4. Menghindari kemungkinan kredit macet di jalan sehingga Anda mengalami kerugian dan terjerat hutang.
  5. Bisa dijadikan sebagai acuan apakah tenor yang diambil sesuai, karena masing-masing waktu pengambilan kredit akan mendapatkan dana bunga dan angsuran berbeda. Misalnya untuk angsuran waktu 5 tahun akan lebih banyak tanggungan tiap bulan dari pada ketika Anda ambil 10 tahun.

Perhitungan kalkulator KPR dari BCA sendiri saat ini bisa Anda lakukan secara otomatis, tidak perlu lagi menulis secara manual dan memperhitungkan secara rumit. Karena sudah ada sistem atau aplikasi online yang membuat Anda hanya perlu memasukkan jumlah pinjaman, tenor sampai dengan bunga yang ditanggungkan setiap bulannya. Dengan begitu secara otomatis akan keluar perkiraan besaran cicilan setiap bulan untuk pembayaran KPR setiap bulannya. Bagaimana, mudah bukan?\

Bagi Anda yang berniatan untuk menggunakan bank BCA dalam pengambilan rumah melalui KPR. Bisa cek contoh bunga yang umumnya dikenakan serta tenor berikut ini:

1. Bunga 8.75%.

Umumnya untuk jenis angsuran ini besaran bunga bersifat fixed 1 tahun, tenor yang diberikan mulai dari 1 sampai dengan 20 tahun. Besaran pinjaman yang bisa Anda dapatkan kisaran Rp. 312.500.000 sampai dengan Rp. 5.000.000.000.

2. Bunga 9%.

Fixed 5 tahun dengan waktu yang dikenakan mulai dari 1 sampai dengan 20 tahun dengan besaran pinjaman sama seperti sebelumnya.

Sebenarnya memang tenor dan besaran pinjaman yang diberikan oleh BCA setiap jenis bunga itu hampir sama, yang membedakan bunga yang ditanggungkan. Ada pembayaran bunga flat 1 tahun, 2 tahun sampai dengan 5 tahun. Makanya sebelum melakukan pembelian, perhitungkan dengan kalkulator KPR terlebih dahulu supaya kedepan aman dalam melakukan pembayaran. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi melalui website BCA atau ke cabang bank BCA terdekat.