Pertolongan Pertama Atasi Sariawan pada Bayi dan Anak

Anda harus benar-benar mempelajari asupan gizi yang sesuai dengan bayi, sehingga bayi bisa ternutrisi dengan baik tanpa alergi makanan. Biasanya alergi makanan bayi berasal dari olahan dagin yang tidak matang, ikan yang masih kotor, dan telur yang tidak diolah dengan baik.

Hal di atas bisa menjadi pemicu gejala sariawan untuk bayi dan anak, sehingga Anda harus benar-benar mempelajarinya dengan baik. Sariawan bisa menjadi penyakit mengerikan jika tidak diobati dengan benar, sehingga penjelasan di bawah mungkin bisa jadi sumber pembelajaran untuk Anda.

Penyebab Bayi Sariawan

Biasanya, sariawan merupakan penyakit yang jarang ditemui pada bayi dan anak. Namun, Anda harus tetap mempelajari penyebabnya supaya bayi tidak mengalami hal tersebut. Berikut adalah penyebab sariawan pada bayi.

  1. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Bayi memiliki masa pertumbuhan yang sensitif sehingga harus memerlukan gizi sempurna. Hal ini tentunya harus Anda pahami dan penuhi untuk membuatnya tetap sehat dan terbebas dari penyakit sariawan yang menyakitkan.

Pastikan Anda memenuhi vitamin c dan d untuk membuatnya terhindar dari peradangan, dan terjaga imunnya. Anda juga harus menambahkan makanannya dengan asam folat, vitamin B12, zinc, serta zat besi untuk membuat bayi sehat dan kuat.

  1. Terkena Virus, Jamur, atau Bakteri

Ada beberapa jenis sariawan yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur, sehingga Anda harus menjaga imun bayi dengan baik. Pastikan untuk tetap memberikan asupan gizi yang tepat supaya bayi dan anak tetap pulih.

Jika bayi Anda terkena virus tersebut, Anda harus memberikan vitamin D sebagai obat peradangan, dan segera memberikan Aloclair sebagai obat pertolongan pertama. Pastikan untuk memberikan vitamin c untuk menjaga imun bayi dengan baik.

  1. Lidah yang Sensitif

Biasanya, sariawan pada bayi bisa Anda temukan pada bagian lidah. Hal ini karena lidah merupakan organ sensitif dan rentan terkena sariawan. Ada beberapa hal yang bisa memicu lidah menjadi sensitif salah satunya adalah buah berasa asam.

Bayi akan lebih sensitif pada buah asam seperti stroberi, jeruk, dan lemon. Anda jangan dulu memberikan buat tersebut sampai lidah bayi stabil dalam hal rasa. Lidah bayi akan lebih mudah terluka jika mengkonsumsi beberapa jenis buah di atas.

Cara Pertolongan Pertama Atasi Sariawan pada Bayi dan Anak

  1. Kompres dengan Es Batu

Titik sariawan pada bayi bisa Anda kompres menggunakan es batu untuk mengurangi rasa nyerinya. Anda harus melakukannya secara perlahan supaya tidak membuatnya terluka. Pastikan juga Anda telah menyiapkan obat sariawan anak yang tepat seperti Aloclair.

Mengkompres juga mampu mengurangi bakteri, sehingga bayi akan merasa lebih nyaman meski sedang sariawan. Namun, hal ini hanya mampu meredakan sakit dan nyerinya tanpa mengobatinya dengan tepat.

  1. Berikan Makanan Dingin dan Lembut

Bayi akan kesusahan jika Anda tetap memberikan makanan bertekstur dan harus dikunyah dengan sempurna. Anda harus memberikan makanan yang tepat untuk bibir sariawannya, sehingga bayi tetap bisa makan dengan nyaman.

Pastikan untuk memberikan makanan dengan suhu dingin dengan meniriskannya terlebih dahulu. Anda bisa memberikan bubur, atau bubur instan yang mudah diseduh sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Semua pertolongan di atas tentunya tidak akan sempurna jika Anda tidak menggunakan Aloclair sebagai obat sariawannya. Pastikan untuk memberikan nutrisi yang tepat karena bayi akan rentan terkena penyakit, jika Anda menyepelekan asupan gizi dan nutrisinya.